Senin, 23 Maret 2020

PRESIDEN CEK KESIAPAN WISMA ATLET TAMPUNG PASIEN COVID-19


Jakarta,Teropongtimeindonesia.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek kesiapan Wisma Atlet, Kemayoran, Provinsi DKI Jakarta, Senin (23/3/2020), yang akan digunakan untuk persiapan penanganan Virus Korona (Covid-19).

”Perlu saya sampaikan bahwa Wisma Atlet ini memiliki kapasitas 24 ribu orang,” tutur Presiden Jokowi saat menyampaikan keterangannya.

Yang saat ini yang telah disiapkan, lanjutnya, adalah untuk 3.000 pasien dengan wilayah ruang yang telah ditata dengan sebuah manajemen yang baik. “Baik itu untuk pasien, untuk dokter, untuk paramedis, semuanya ditempatkan dengan manajemen ruang yang berbeda,” jelasnya.

Lebih lanjut, Presiden juga melihat sarana prasarana telah siap, baik untuk ruang penanganan pasien, baik ventilator, semuanya sudah siap, termasuk alat pelindung diri (APD) juga siap.

”Sehingga kita harapkan nanti sore rumah sakit darurat untuk Korona ini telah bisa dipakai, tetapi saya berharap Rumah Sakit Darurat Korona ini tidak digunakan,” kata Jokowi. Artinya, rumah sakit yang telah disiapkan sebelumnya telah cukup untuk penanganan Virus Korona ini.

Dari 10 tower yang ada di Wisma Atlet Kemayoran, Kementerian PUPR menyiapkan 4 tower untuk digunakan sebagai RS Darurat yakni tower 1, 3, 6 dan 7 yang semuanya berada di Blok D10.

Tower 6 digunakan secara utuh, mulai lantai 1 hingga 24 akan digunakan sebagai ruang rawat inap pasien. Kapasitas yang tersedia adalah 650 unit dan dapat menampung 1.750 orang. Satu kamar diperkirakan dapat menampung dua hingga tiga orang pasien.

Tower 7 dibagi menjadi beberapa fungsi. Lantai 1 akan digunakan sebagai IGD, lantai 2 untuk ICU, lantai 3 untuk ruang refreshing. Sedangkan lantai 4 - 24 akan digunakan sebagai ruang rawat inap pasien. Kapasitas di tower 7 ialah 886 unit, dengan kapasitas ruang rawat maksimum adalah 2.458 pasien.

Dokter dan petugas medis akan menggunakan Tower 1 lantai 1 - 24 dengan kapasitas 650 unit dan dapat menampung maksimum 1.750 orang. Sedangkan Tower 3 lantai 1 - 24 direncanakan untuk Posko Gugus Tugas Penanganan COVID-19. Jumlah unit yang tersedia sebanyak 650 unit dan dapat menampung maksimal 1.750 orang.


Laporan:Dany

Tidak ada komentar:

Terkini

Tiga CASIS Terpilih, Kapolres Gowa Beri Arahan Kepada Casis Bakomsus Perawat

Gowa,Teropongtimeindonesia.com-Dalam rangka seleksi Rekrutpro Bakomsus Perawat T.A. 2020, Selasa (07/04/2020) sore hari Kapolres Gowa A...