Selasa, 25 Februari 2020

PERINGATAN HAUL 100 HARI HJ. UMIH DI RUMAH ANAK KETIGA BERNAMA PENAH SUHANAH



Bekasi, Teropongtimeindonesia.com -
"Kemarin siang Tanggal 24 Februari tahun 2020 yang jatuh pada hari senin, merupakan hari  dimana mengenang 100 hari atau haul Almarhumah Ibu Hj. Umih. Hal ini merupakan suatu tradisi yang dilakukan orang indonesia khususnya yang ada di kampung Tanah Ungkuk, Desa Sarimukti, Kecamatan Cibitung - Bekasi, kata H.Usman Subrata adik kandung almarhumah Hj. Umih (25/02/2020).

Peringatan 100 hari identik dengan acara Haul atau yang kita kenal untuk masyarakat kampung biasa disebut acara tahlilan, biasanya diadakan pada hari ke 3, hari ke 7, hari ke 100 sampai hari ke 1000 kata H. Usman, "acara tahlilan 100 hari almarhumah Ibu Hj. Umih diadakan di rumah anak ketiga yang bernama Penah Suhanah, katanya. Emang sudah direncanakan sebelumnya untuk Haul 100 hari almarhumah Hj. Umih akan diadakan dirumah saya, kata Penah Suhanah setelah dikonfirmasi oleh awak media online dirumah kediamannya dini hari pukul 15.00 wib." Masih kata Penah Suhanah dia mengucapkan banyak terimakasih kepada saudara - saudaranya terlebih saudara tertuanya yang bernama Musmulyadi yang telah banyak memberi masukan & nasehat terhadap saudara yang muda untuk menjaga sikap, etika, dan kepribadian hidup agar lebih mencerminkan prilaku yang lebih baik untuk kedepan," pungkasnya.

Banyak persiapan haul atau tahlilan 100 hari ibu Hj. Umih yg diadakan dirumah Penah Suhanah diantaranya persiapan hidangan atau besek, kemudian mengundang saudara atau tetangga terdekat untuk hadir & duduk bersama untuk mendoakan almarhumah Hj. Umih, disini terlihat keluarga besar H. Deran Family begitu kompak dan antusias,  dengan penuh keakraban secara bersama - sama saling bahu - membahu & mepersiapkan hidangan untuk ditaro dikantong plastik, katanya. Disini terlihat ada wanita tua, setelah dikonfirmasi oleh awak media online dia adalah Hj. Ranih (80) dia mengajak kepada semua keluarga besar H. Deran Family baik Anak, cucu, buyut maupun menantu untuk tetap menjaga ikatan silaturahim, kata Hj Ranih (80) ujarnya.

Untuk acara haul atau tahlil 100 hari Hj. Umih dipimpin oleh H. Tolib (80) dia adalah sesepuh atau tokoh Agama di Kampung Tanah Ungkuk khususnya Rt 02/03. Ds. Sarimukti, kata Umar SIP, masih kata Umar SIP, "dia berdoa mudah - mudahan dengan diadakannya acara haul 100 hari Hj. Umih semua anak - anaknya, saudaranya, cucunya, menantunya & semua yg hadir dapat diberikan keberkahan, kelancaran rejeki & semoga apa yg dicita - citakan dapat terlaksana, katanya. & setelah acara haul atau tahlil selesai para jamaah tahlil baik orang tua, dewasa, remaja sampai anak - anak mendapat hidangan atau besek dari tuan rumah," pungkasnya.
(Erman)

Tidak ada komentar:

Terkini

Jajaran Polres Morowali Gelar Oprasi Keselamatan Covid-19

Morowali,Teropongtimeindonesia.com -  Jajaran Polres Morowali aktif menyampaikan himbauan kepada masyarakat, tentang upaya pencegahan pe...