Senin, 06 Januari 2020

Menteri Kordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Tegaskan Indonesia Tidak Akan Kompromi Menyangkut Kedaulatan Terkait Masalah Natuna



Jakarta,Teropongtimeindonesia.com-Menanggapi persoalan masuknya kapal-kapal ikan Cina di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) Perairan Natuna Kepulauan Riau, Menteri Kordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan tidak akan pernah berkompromi dengan China.

Hal itu disampaikan Luhut usai menyambangi Kantor Kemenko Polhukam usai Rapat Terbatas Tingkat Menteri di Istana Merdeka Jakarta Pusat pada Senin (6/1/2020) sore. Ketika ditanya wartawan terkait dengan situasi terakhir di Natuna, Luhut mengaku belum mengetahui hal itu.

Ia mengatakan, pemerintah telah bertindak tegas untuk mebgusir kapal-kapal ikan dan coast guard Cina dari ZEEI.

Sebelumnya, Luhut juga sempat memberikan pandangannya terkait persolan di Natuna dengan membela Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, soal tudingan saat ini banyak kapal asing masuk dan mengambil ikan di perairan Natuna.

Menurut Luhut, Kementerian Kelautan dan Perikanan di bawah kendali Edhy masih melakukan pengawasan dan bergerak dalam menangani kapal asing yang menangkap ikan di perairan Indonesia secara ilegal.

"Memang intensitas cost guard kita belum bisa ke yang lain (seluruh wilayah), karena jumlah kapal juga terbatas. Jadi bukan karena cost guard yang kurang bekerja setelah Pak Edhy, saya ikuti betul itu," ucap Luhut.
(Red***)

Tidak ada komentar:

Terkini

CORONA OH CORONA !

Oleh : Shamsi Ali*! Sejak kehadirannya kami banyak hal. Banyak hal yang selama ini kami lalai dan gagal paham. Terima kasih wahai Coron...