Sabtu, 04 Januari 2020

Bantuan Sebesar 1 Miliyar diberikan kepada Kota Bekasi


BEKASI,Teropongtimeindonesia.com - Bantuan sebesar 1 miliyar diberikan kepada Kota Bekasi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo melalui Kepala Kecamatan Jatiasih Mariana, M.Si untuk penanganan darurat bencana banjir di Kota Bekasi saat melakukan kunjungan ke Posko Pengungsi di Gudang Logistik BNPB, Jatiasih, Bekasi. (4/1)

“Bantuan ini diberikan untuk pembersihan dan pemulihan sementara permukiman warga yang terdampak bencana banjir,” ujar Doni.

Muriana menegaskan bahwa bantuan ini akan langsung diberikan kepada Ketua RT dan RW masing-masing wilayah karena lebih mengetahui kebutuhan, kerusakan dan apa yang harus diprioritaskan pada wilayah terdampak.

“Bantuan ini akan langsung kami salurkan kepada Ketua RW dan RW karena mereka lebih dekat dan mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat serta kerusakan dan apa yang harus diprioritaskan terlebih dahulu,” tegas Mariana.

Gotong Royong

Berdasarkan prediksi dari BMKG, musim hujan yang mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah Jabodetabek masih akan berlangsung hingga sepekan kedepan.

Doni Monardo menghimbau kepada masyarakat untuk bergotong royong membersihkan lingkungan karena penyebab bencana banjir selain faktor alam adalah daerah resapan air termasuk selokan yang penuh dengan sampah.

“Mari kita luangkan waktu untuk bersama-sama gotong royong membersihkan lingkungan terutama sampah yang menumpuk di selokan serta saluran air sehingga dapat membuat aliran air tidak terhambat,” ujar Doni.

Selain menyebabkan banjir, sampah yang menumpuk dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Agus Wibowo
Kepala Pusat Data Informasi dan Kebencanaan BNPB

Laporan:Mistarno

Tidak ada komentar:

Terkini

Apkasi Dukung Seruan Pemerintah Agar Masyarakat Tunda Mudik Lebaran Tahun Ini

Umum Apkasi Abdullah Azwar yang juga Bupati Banyuwangi sedang meninjau Rumah Isolasi untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) berbasis Kecamat...