Sabtu, 16 November 2019

Kulit Nanas sebagai Pakan Alternatif


Jakarta,Teropongtimeindonesia.com - Pengolahan buah nanas menjadi sari (jus) nanas menghasilkan produk limbah berupa kulit buah dan serat perasan daging buah. Volume limbah tersebut dapat mencapai 85% dari bobot buah segar.

Pemanfaatannya sebagai pakan ternak ruminansia akan memberi nilai tambah dan sekaligus dapat mendorong berkembangnya usaha ternak. Kulit buah dan serat perasan daging buah nanas merupakan sumber energi yang potensial untuk ternak. Kandungan serat (NDF) yang relatif tinggi memungkinkan bahan tersebut digunakan untuk menggantikan rumput sebagai pakan dasar.

Sebagai bahan pakan, kulit buah nanas dapat digunakan sebanyak 10 - 20% dalam pakan, penggunaan lebih dari 20% dalam BK dapat menurunkan bobot badan. Respon pertumbuhan ternak kambing yang diberi pakan menggunakan kulit buah nanas antara 60 - 80 g dengan konversi pakan 10 - 14.(*)

Tidak ada komentar:

Terkini

Wakapolda Sulsel Hadiri Rakor Tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov Sulsel

Makassar,Teropongtimeindonesia.com -Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Drs. Halim Pagarra, M. H., menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Terkait ...