Sabtu, 16 November 2019

KLHK Bersama UNDP Gelar Kegiatan Beach Clean Up Dipantai Mertasari Bali



Bali,Teropongtimeindonesia.com - KLHK bersama United Nations Development Program (UNDP) melakukan kegiatan Beach Clean Up, di Pantai Mertasari, Denpasar, Bali. (15/11) 

Beach Clean Up diikuti ± 1.000 peserta delegasi Asia World Model United Nations (AWMUN) dari berbagai negara di Asia. Kegiatan ini bertepatan dengan Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan AWMUN III yang berlangsung dari tanggal 13-16 November 2019 di Nusa Dua, Bali.

Direktur Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut, Dida Mighfar Ridha mewakili Dirjen PPKL menyatakan kolaborasi adalah langkah strategis dalam perlindungan laut dan pesisir. 

"Sampah laut adalah masalah global yang mempengaruhi semua lautan di dunia. Oleh karena itu dierlukan langkah elaboratif dan komitmen tinggi lintas sektor untuk menemukan langkah perbaikan sebaik mungkin", ujar Dida.

Indonesia sudah menetapkan Rencana Aksi Nasional yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan serta menghubungkan seluruh sektor yang berfokus pada pencemaran yang berbasis daratan. Hal ini sudah diimplementasikan di 18 kota, dimana jumlah sampah plasik yang diitemukan perairan, lebih kecil dari yang diduga. 

Selama tahun 2015-2019, KLHK bersama seluruh partner telah melaksanakan Aksi Bersih Pantai di 18 lokasi yang melibatkan 17.460 peserta dengan total sampah yang dikumpulkan sebanyak 42,5 ton. Bersih pantai ini merupakan kesempatan dan sekaligus sarana edukasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk melakukan pengendalian pencemaran pesisir dan laut khususnya yang berasal dari laut.

Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta AWMUN III dapat memahami mekanisme kegiatan bersih pantai yang diterapkan oleh KLHK serta menciptakan generasi muda yang sadar akan pelestarian lingkungan hidup.(*) 


Tidak ada komentar:

Terkini

Sinergitas MNC TV Dan Tiga Pilar Kembali Bagikan Paket Sembako Jakbarberbagi

Jakarta Barat,Teropongtimeindonesia.com - Sinergitas MNC TV bersama Tiga Pilar Kecamatan Kebon Jeruk dalam bentuk kepedulian kepada war...