Jumat, 15 November 2019

Data Beneficial Owner Korporasi : Batasi Ruang Gerak Pelaku Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme



JAKARTATeropongtimeindonesia.comPusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) atau Diskusi Kelompok Terpumpun guna membahas Pengelolaan dan Akses Data Pemilik Manfaat dari Korporasi dalam rangka Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidak Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme (TPPU-PT), di Gedung PPATK, Jum’at (15/11). 

Acara dibuka sekaligus dimoderatori oleh Direktur Hukum PPATK, Fitrhriadi Muslim. Dalam sambutannya disampikan bahwa Data Pemilik Manfaat atau Beneficial Owner (BO) sangat penting bagi PPATK. 

“Dengan adanya Data Pemilik Manfaat atau BO ini, dapat mencegah terjadinya penggunaan Korporasi untuk dijadikan sebagai media pencucian uang, sekaligus terkait urusan perpajakan. FGD ini menjadi wadah pertukaran informasi antar instansi, untuk saling melengkapi data dan informasi pemilik manfaat, yang kelak akan dimanfaatkan oleh aparat penegak hukum (apgakum) guna membatasi ruang gerak para pelaku kejahatan, terutama Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU)”, katanya.

Indonesia telah memiliki aturan dalam bentuk Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2018 tentang Penerapan Prinsip Mengenali Pemilik Manfaat Dari Korporasi Dalam Rangka Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme, yang diinisiasi oleh PPATK.

Acara ini dihadiri oleh segenap undangan dari pihak internal dan eksternal PPATK. Dari Internal PPATK, dihadiri oleh  staff dari direktorat terkait,  Direktur Hukum, Fithriadi Muslim, serta Kepala Pusat Teknologi Informasi, Muhammad Arief. Sedangkan undangan dari pihak eksternal dihadiri oleh Kasubdit Pengembangan Jaringan dan Perangkat Keras, Dirjen Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Toni Ferdianto, Kasi Peraturan Pertukaran Informasi Perpajakan Internasional Direktorat Jenderal Pajak, Dian Hatianindri, serta Team Leader Sekretariat Extractive Industries Transparency Initiative (EITI), Edi Effendi Tedjakusuma. (MT)..(*)

Tidak ada komentar:

Terkini

Cegah Penyebaran Wabah Virus Corona, Pemdes Kertamukti Lakukan Penyemprotan Cairan Desinfektan.

Kab.Bekasi, Teropongtimeindonesia.com- Sinergi Penthahelix diterapkan oleh Pemdes Kertamukti, Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi, untu...